Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

Gejala Kolesterol Tinggi dan Pengobatannya

Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya - Kolesterol merupakan lemak yang terdapat di dalam darah. Memiliki Kolesterol tinggi akan menyebabkan penyakit yang biasa disebut Hypercholesterolemia. Penyebab Kolesterol Tinggi adalah pola makan yang tidak sehat seperti banyak memakan makanan mengandung kolesterol di antaranya gorengan atau makanan sejenisnya yang mengandung lemak jenuh yang akan membuat bertumpuknya kolesterol. Jika seseorang tidak segera menurunkan kolesterol tinggi tersebut, akibatnya akan menimbulkan penyakit-penyakit lainnya seperti penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah di otak, bahkan stroke. Menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan berbagai cara, ada yang menurunkan kolesterol tinggi menggunakan obat herbal dan makanan penurun kolesterol. Tetapi daripada menurunkan kolesterol tinggi alangkah baiknya kita harus mengetahui cara mencegah kolesterol tinggi ini. Pada artikel Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya ini , pertama-tama kita harus mengetahui gejala kolesterol tinggi dengan melakukan cek kolesterol untuk mengetahui apakah anda memiliki kolesterol normal atau tidak.

Gejala Kolesterol Tinggi

Untuk mengetahui apakah anda mengidap kolesterol tinggi, maka anda harus mengetahui apa saja gejala kolesterol tinggi. Gejala kolesterol tinggi tidak tampak pada penderita baik pada perempuan maupun laki-laki, Orang yang terlihat sehat belum tentu tidak memiliki penyakit, bisa saja di dalam tubuhnya terdapat suatu masalah yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit ini adalah dengan mengetahui gejala kolesterol tinggi tersebut dengan melakukan pemeriksaan darah ( cek kolesterol ) dan melakukan tes medis secara berkala

  • Melakukan Pemeriksaan Darah ( Tes kolesterol )

Cara Mengetahui gejala kolesterol tinggi yang pertama adalah melakukan Pemeriksaan Darah . Dengan melakukan pemeriksaan tersebut seseorang akan mengetahui kadar LDL ( Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), Trigliserida, dan total kolesterol yang akan menentukan apakah seseorang memiliki kolesterol normal atau kolesterol tinggi.

  • Melakukan Medical Check-up Secara Rutin

Cara Mengetahui gejala kolesterol tinggi yang kedua adalah melakukan medical check-up secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan anda minimal 5 tahun sekali walaupun saat ini anda merasa segar bugar. Bisa saja walaupun anda terlihat sehat, di dalam tubuh anda terdapat penyakit seperti kolesterol tinggi yang apabila anda tidak segera menurunkan kolesterol tinggi tersebut akan mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya lainnya. Untuk seseorang yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit kolesterol tinggi sebaiknya melakukan medical check-up lebih sering karena seseorang yang keluarganya memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi lebih rentan untuk terkena penyakit ini. 

Ada beberapa ciri laki laki atau perempuan yang disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol :

  • Memiliki usia di atas 40 tahun
  • Menderita obesitas atau kelebihan berat badan
  • Menderita Diabetes dan atau hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Memiliki keluarga menderita kolesterol tinggi

Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri karena kolesterol mengendap. Akibat kolesterol tinggi akan menghambat aliran darah dari jantung ke otak dan ke anggota tubuh lainnya. Memiliki kolesterol tinggi akan membuat seseorang menderita penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, jantung koroner, hipertensi, bahkan juga diabetes. Untuk itu kita harus cek kolesterol secara rutin agar mengetahui apakah kita memiliki kolesterol normal atau tidak.

Berapa Kadar Kolesterol Normal dan Kolesterol Tinggi?

Banyak sekali orang bertanya berapa kadar kolesterol normal dan kolesterol tinggi? Untuk mengetahui berapa kadar kolesterol tinggi tersebut kita harus mengetahui berapa kadar kolesterol normal. Tentu saja untuk mengetahui berapa jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh, kita harus melakukan cek kolesterol di klinik terdekat. Jumlah kolestrol ini akan kita bagi menjadi 3 bagian, ada kondisi normal, hati-hati, dan berbahaya. Bagi anda yang memiliki kolesterol normal pada bagian hati-hati atau bahaya anda harus segera menurunkan kolesterol tersebut dengan memakan makanan penurun kolesterol ataupun dengan berolahraga. Bagi anda yang penasaran berapa kadar kolesterol normal dan kolesterol tinggi dalam darah. Berikut tabelnya :

Gejala Kolesterol Tinggi dan Pengobatannya

Sebelum anda terkena penyakit yang ditimbulkan akibat kolesterol tinggi, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi. Cara mencegah kolesterol tinggi dikatakan mudah asal memiliki kemauan untuk hidup sehat. Berikut cara mencegah kolesterol tinggi

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Cara mencegah penyakit kolesterol tinggi tergolong simpel, anda hanya perlu mempraktekkan gaya hidup sehat, ketika makan misalnya. Biasakan menu makan berisi 4 sehat 5 sempurna, hindarkan memakan makanan mengandung kolesterol. Memakan makanan penurun kolesterol seperti buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan metode terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi dalam darah. Sehingga apabila kita melakukan tindakan pencegahan sejak dini, tidak akan menimbulkan gejala kolesterol tinggi. 

Selain dalam makanan, anda juga harus rajin berolahraga secara rutin. Jangan pernah malas untuk bergerak karena dengan bergerak akan membakar lemak dalam tubuh sehingga kadar kolesterol tetap terjaga dan tidak akan menimbulkan gejala kolesterol. Dan hal terpenting dan biasanya sangat sulit dihindari oleh seseorang adalah berhenti merokok. Berhentilah merokok karena merokok menimbulkan penyakit penyakit bagian internal tubuh. Itulah beberapa cara mencegah kolesterol tinggi

Selain mengetahui cara mencegah kolesterol tinggi, tentunya kita harus mengetahui apa saja penyebab kolesterol tinggi .Dengan mengetahui penyebab kolesterol tinggi, kami harapkan anda dapat terhindar dari penyakit ini. Berikut Beberapa penyebab kolesterol tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Gejala Kolesterol Tinggi dan Pengobatannya

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan merupakan penyabab kolesterol tinggi yang utama. Kedua faktor itulah yang akan menyebabkan tubuh mengandung kolesterol tinggi. Berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi

  • Faktor Penyebab kolesterol tinggi yang pertama adalah seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat berpenyakit kolesterol tinggi akan lebih beresiko untuk terkena penyakit ini. Misalnya seorang ayah mengidap penyakit kolesterol tinggi maka besar kemungkinan anaknya juga akan terserang penyakit ini.
  • Faktor Penyebab kolesterol tinggi yang kedua adalah gaya hidup yang tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak tak jenuh akan menjadi penyebab kolesterol tinggi dalam darah. Selain itu, kebiasaan merokok akan menyebabkan aktivitas HDL terganggu yang akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah.
  • Faktor Penyebab kolesterol tinggi yang ketiga adalah jarang olahraga. Jarang berolahraga akan membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit obesitas (kegemukan) sehingga mengakibatkan lemak dan kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. 
  • Faktor Penyebab kolesterol tinggi yang keempat adalah memiliki penyakit diabetes. Orang yang memiliki penyakit diabetes melitus akan lebih beresiko untuk terkena penyakit ini. Untuk itu orang yang terkena diabetes harus selalu menjaga pola makannya dengan benar .
  • Faktor Penyebab kolesterol tinggi yang kelima adalah mengkonsumsi Minuman Keras. Selain merokok, minum miras juga menyebabkan penyakit kolesterol tinggi. Untuk itu bagi anda yang sering mengkonsumsi minuman keras, berhentilah sebelum penyakit ini menyerang anda.
Itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi, setelah kita mempelajari bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi dan mengetahui apa saja penyebab kolesterol tinggi. Disamping hal itu kita harus mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Cara menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan berbagai metode, ada yang menurunkan kolesterol tinggi dengan memperbaiki gaya hidup, melakukan olahraga secara rutin, dan memakan makanan penurun kolesterol, memakan obat yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi :
  • Cara menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah dengan memperbaiki Gaya Hidup. Penderita yang memiliki pola hidup yang tidak sehat harus segera merubahnya. Dimulai dari makanan, ubahlah menu makanan anda yang awalnya banyak memakan makanan mengandung kolesterol menjadi makan makanan penurun kolesterol seperti buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Cara menurunkan kolesterol tinggi yang kedua adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Kebiasaan malas berolahraga karena disibukkan dengan smartphone dan komputer harus segera ditinggalkan. Berubahlah menjadi aktif dan rajin bergerak serta melakukan olahraga secara rutin minimal 3x seminggu. Dengan melakukan olahraga secara rutin akan dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.
  • Cara menurunkan kolesterol tinggi yang ketiga adalah  dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diberi oleh dokter. mengkonsumsi obat-obatan yang diberi dokter merupakan cara terampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tetapi mengkonsumsi obat-obatan biasanya hanya boleh dilakukan apabila kadar kolesterol dalam darah tetap tinggi padahal penderita telah merubah pola hidup sehat.
Itulah beberapa cara mencegah kolesterol tinggi, penyebab kolesterol tinggi, akibat kolesterol tinggi, dan cara menurunkan kolesterol tinggi. Demikian artikel tentang Gejala Kolesterol Tinggi dan cara menurunkannya , semoga bermanfaat

Incoming Search Terms

  • Obat untuk kolesterol
  • Obat kolesterol Herbal
  • Obat Kolesterol Alami
  • Makanan Penurun Kolesterol
  • Makanan Mengandung Kolesterol
  • Gejala Kolesterol Tinggi
  • Penyebab Kolesterol Tinggi
  • Cara Mencegah Kolesterol Tinggi
  • Akibat Kolesterol Tinggi
  • Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
  • Cek Kolesterol
  • Kolesterol Normal
Latest
Previous
Next Post »