6 Perbedaan Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2

6 Perbedaan Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2 - Banyak dari kita sudah mengetahui apa itu Diabetes? Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kelainan sistem insulin karena jumlah kadar glukosa dalam tubuh yang sangat tinggi . Tetapi beberapa dari kita ada juga yang tidak mengetahui jenis-jenis diabetes . Diabetes dibagi menjadi 2, ada diabetes type 1 dan diabetes type 2 . Lalu apa perbedaan Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2 ? Sebelum kita membahas perbedaan tersebut, kita sebaiknya mengetahui pengertian diabetes type 1 dan diabetes type 2.

Baca : 9 Cara Menyembuhkan Diabetes Dengan Mudah

6 Perbedaan Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2

Pengertian Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2


Pengertian Diabetes Type 1

Diabetes Type 1 merupakan penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan pankreas berhenti memproduksi insulin . Insulin adalah horman yang berfungsi mengubah gula dari makanan menjadi energi

Pengertian Diabetes Type 2

Diabetes Type 2 merupakan penyakit diabetes yang disebabkan karena tubuh tidak menerima insulin dengan jumlah cukup karena resistansi insulin, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi. Diabetes type 2 ini merupakan jenis penyakit diabetes yang banyak diderita oleh orang dewasa saat ini.


Itulah pengertian diabetes type 1 dan diabetes type 2, lalu apa perbedaan diabetes type 1 dan diabetes type 2? Perbedaan tersebut akan kita bahas secara lengkap pada postingan ini :

Perbedaan Diabetes Type 1 dan Diabetes Type 2

1. Diabetes Type 1 merupakan penyakit autoimun, type 2 bukan
Diabetes Melitus Type 1 merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh seseorang penderita diabetes menyerang dan menghancurkan sel yang memproduksi insulin di pankreas . Belum ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab terjadinya hal itu, tetapi faktor genetik kemungkinan berperan dalam hal ini.

Sedangkan pada Diabetes Melitus Type 2, tubuh masih dapat menghasilkan insulin, tetapi hasil produksi tersebut tidak cukup sehingga tubuh menjadi kesulitan menggunakan insulin secara efisien . Penyebab utama penyakit diabetes type 2 ini disebabkan oleh obesitas dan kurang olahraga atau melakukan aktivitas fisik . Faktor keturunan merupakan salah satu penyabab penyakit ini.

2. Penderita Diabetes tipe 1 harus Konsumsi insulin , pengobatan diabetes tipe 2 lebih bervariasi.
Seseorang yang tidak menderita type 1 tidak dapat memproduksi insulin sendiri, mereka harus memakai pompa insulin yang melekat pada tubuh mereka . Tanpa insulin tersebut hidup mereka akan berakhir.

Sedangkan pengobatan diabetes type 2, memiliki banyak cara penyembuhan diantaranya memonitor diet, berolahraga, dan menurunkan berat badan . Tetapi para penderita diabetes type 2 ini, ada juga yang melakukan pengobatan diabetes melitus type 2 dengan mengkonsumsi pil yang berguna untuk menambah jumlah insulin dan menurunkan kadar gula darah.

3. Tipe 1 biasanya diderita oleh anak-anak, tipe 2 cenderung diderita orang dewasa
Diabetes Melitus Type 1 lebih banyak diderita oleh anak-anak sedangkan diabetes melitus type 2 lebih banyak diderita oleh orang dewasa.Tetapi diabetes type 1 tidak hanya diderita oleh anak-anak, tetapi para remaja dan dewasa pun dapat menderita penyakit type 1 ini.

4. Perbedaan Postur tubuh Penderita Diabetes Type 1 dan Type 2
Penderita diabetes type 1 umumnya memiliki postur tubuh kurus sedangkan diabetes type 2 cenderung diderita oleh orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas.

Baca : 14 Gejala Diabetes dan 9 Cara Mengobatinya

5. Diabetes Type 1 susah dicegah sedangkan Diabetes Type 2 Mudah Dicegah
Diabetes Type 1 merupakan penyakit yang sangat susah dicegah, karena disebabkan oleh kelainan genetik yang dibawa sejak lahir . Sedangkan Type 2 sangat mudah dicegah dengan berbagai cara, seperti mengatur pola makan yang baik, berolahraga, dll.

6. Diabetes Type 1 diderita oleh 10-15% penderita diabetes sedangkan Diabetes Type 2 85-90%
Berdasarkan berbagai penelitian, jumlah kasus penderita diabetes type 2 lebih tinggi dibandingkan penderita diabetes type 1 di seluruh dunia baik itu di negara maju maupun berkembang . Penderita diabetes type 1 sekitar 10-15% dari seluruh penderita diabetes sedangkan diabetes type 2 diderita oleh 85% - 90% . Jumlah penderita diabetes type 2 ini lebih tinggi karena, banyaknya manusia di dunia ini kurang memperhatikan kesehatannya.
info diabetes  diabetes melitus type 2 type diabetes  diabetes  type 2 diabetes treatment  type ii diabetes treatment  treatment for type 2 diabetes  diabetes medications  free glucose meter  type 2 diabetes mellitus results from  type 2 diabetes mellitus  diabetes insulin  treating diabetes  the diabetes association  managing type 2 diabetes  medicare diabetic supplies  insulin pump  type 2 diabetes information  type 2 diabetes complications  type 2 diabetes  diabetes blood glucose  common diabetes symptoms  insulin dependent diabetes mellitus  national diabetes association  the diabetes treatment of type 2 diabetes  diabetes treatment guidelines 
Previous
Next Post »