14 Gejala Diabetes dan 9 Cara Mengobatinya

Diabetes Melitus
Gejala Diabetes dan Cara Mengobatinya - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena gangguan atau kelainan sistem insulin karena jumlah kadar glukosa dalam tubuh yang sangat besar . Ada 2 Jenis diabetes atau type diabetes yaitu Diabetes Melitus Type 1 dan Diabetes melitus Type 2 . Diabetes melitus type 2 ini banyak diderita oleh orang-orang dewasa, tetapi akhir-akhir ini banyak juga para remaja usia 20-25 tahun menderita penyakit diabetes melitus type 2 ini.Gaya hidup yang tidak sehat dan faktor genetik merupakan beberapa faktor yang menimbulkan penyakit yang merugikan manusia tersebut . Pada kesempatan ini, saya akan membagikan informasi tentang info diabetes, yang pertama kita akan membahas tentang type atau jenis diabetes, gejala diabetes, dan pengobatan diabetes.

Jenis atau Type Diabetes

Diabetes Melitus dibagi menjadi 2 type ada Diabetes Melitus Type 1 dan Diabetes Melitus Type 2.Lalu apa perbedaan antara Diabetes Melitus Type 1 dan Diabetes Melitus Type 2? Sebelum kita membahas perbedaan antara kedua type diabetes melitus ini, kita akan membahas tentang pengertian penyakit diabetes ini.

Pengertian Diabetes Melitus Type 1

Diabetes Melitus Type 1 adalah penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas berhenti memproduksi insulin.Insulin merupakan hormon yang mengubah gula dari makanan menjadi energi.


Pengertian Diabetes Melitus Type 2

Diabetes Melitus Type 2 adalah penyakit diabetes dimana kondisi tubuh tidak cukup menerima insulin karena resistansi inisulin, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi . Diabetes Melitus Type 2 ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita oleh penderita diabetes


Gejala Diabetes

Perbedaan Diabetes Melitus Type 1 dan Diabetes Melitus Type 2


1> Tipe 1 merupakan penyakit autoimun, tipe 2 bukan.
Diabetes Melitus Type 1 merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh seseorang penderita diabetes menyerang dan menghancurkan sel yang memproduksi insulin di pankreas . Belum ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab terjadinya hal itu, tetapi faktor genetik kemungkinan berperan dalam hal ini.

Sedangkan pada Diabetes Melitus Type 2, tubuh masih dapat menghasilkan insulin, tetapi hasil produksi tersebut tidak cukup sehingga tubuh menjadi kesulitan menggunakan insulin secara efisien . Penyebab utama penyakit diabetes type 2 ini disebabkan oleh obesitas dan kurang olahraga atau melakukan aktivitas fisik . Faktor keturunan merupakan salah satu penyabab penyakit ini.

2>  Penderita Diabetes tipe 1 harus Konsumsi insulin , pengobatan diabetes tipe 2 lebih bervariasi.
Seseorang yang tidak menderita type 1 tidak dapat memproduksi insulin sendiri, mereka harus memakai pompa insulin yang melekat pada tubuh mereka . Tanpa insulin tersebut hidup mereka akan berakhir.

Sedangkan pengobatan diabetes type 2, memiliki banyak cara penyembuhan diantaranya memonitor diet, berolahraga, dan menurunkan berat badan . Tetapi para penderita diabetes type 2 ini, ada juga yang melakukan pengobatan diabetes melitus type 2 dengan mengkonsumsi pil yang berguna untuk menambah jumlah insulin dan menurunkan kadar gula darah.


3> Tipe 1 biasanya diderita oleh anak-anak, tipe 2 cenderung diderita orang dewasa
Diabetes Melitus Type 1 lebih banyak diderita oleh anak-anak sedangkan diabetes melitus type 2 lebih banyak diderita oleh orang dewasa.Tetapi diabetes type 1 tidak hanya diderita oleh anak-anak, tetapi para remaja dan dewasa pun dapat menderita penyakit type 1 ini.

Gejala Diabetes

Itulah perbedaan Diabetes Melitus Type 1 dengan Diabetes Melitus Type 2 . Sekarang kita akan membahas tentang gejala-gejala diabetes . Berikut Gejala-gejala diabetes melitus :

Gejala-Gejala Diabetes Melitus


  1. Mati Rasa                                                                                                                    Gejala Diabetes yang pertama adalah Mati Rasa . Hampir seluruh penderita diabetes mengalami mati rasa ini . Mati Rasa ini disebabkan karena saraf pada tubuh tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan karena peningkatan kadar gula dalam darah . Bagian tubuh yang biasanya mengalami mati rasa adalah tangan, kaki, jari. 
  2. Sering Buang Air Kecil                                                                                              Gejala diabetes yang kedua adalah sering buang air kecil . Buang air kecil yang normal adalah 5 hingga 8 kali dalam sehari . Jika sewaktu-waktu kalian sering melakukan buang air kecil melebihi normal tersebut, segera konsultasikan ke dokter agar mengetahui apakah anda menderita diabetes atau tidak .
  3. Sering Haus                                                                                                                  Gejala diabetes Sering harus ini sangat berkaitan dengan gejala diabetes sering buang air kecil . Peningkatan untuk melakukan buang air kecil akan memengaruhi cairan yang ada di dalam tubuh . Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan penderita diabetes mengalami dehidrasi .   
  4. Mulut Terasa Kering                                                                                                  Mulut terasa kering sangat berhubungan erat dengan geja diabetes nomer 3 dan 4 . Mulut terasa kering ini terjadi karena terlalu seringnya buang air kecil , karena terlalu sering buang air kecil tubuh menjadi mudah haus . Jika tubuh tidak mendapatkan cairan dalam waktu yang cepat akan membuat mulut menjadi kering.
  5. Berat badan yang terus menurun tanpa diketahui penyebabnya secara pasti                    Turunnya berat badan merupakan keinginan setiap wanita atau seseorang yang kegemukan. Tetapi apabila penurunan berat badan tersebut terjadi secara drastis dan signifikan merupakan sebuah kabar buruk bagi seseorang yang mengalaminya . Karena besar kemungkinan hal itu merupakan salah satu gejala penyakit diabetes . Penurunan berat secara drastis ini disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh karena terlalu banyak kadar gula dalam tubuh . 
  6. Infeksi Pada Jari Kaki dan Tangan                                                                             Infeksi pada jari kaki dan tangan merupakan gejala awal diabetes yang paling sering terjadi . Tanda awal dari infeksi yang sering ditemukan misalnya adalah kulit lecet dan kulit mengelupas sendiri.
  7. Nyeri Sendi                                                                                                                  Rasa nyeri pada sendi merupakan salah satu gejala awal terjadinya penyakit diabetes melitus . Hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah yang sangat tinggi menyebabkan rusaknya syaraf yang parah.
  8. Nafsu makan meningkat                                                                                              Meningkatnya nafsu makan merupakan salah satu gejala awal penyakit diabetes ini, Rasa lapar tersebut disebabkan karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel untuk digunakan pada proses metabolisme . Tetapi tidak semua nafsu makan yang meningkat merupakan gejala awal penyakit diabetes ini.
  9. Lambatnya Proses Penyembuhan Luka                                                                    Kelebihan gula darah membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi tidak normal . Hal itu menyebabkan lambatnya proses penyembuhan luka . Proses penyembuhan luka yang seharusnya membutuhkan waktu yang singkat, akan menjadi lebih lama apabila terkena penyakit diabetes ini . Bagi para penderita diabetes terkena luka atau goresan merupakan suatu musibah besar karena luka atau goresan tersebut akan menjadi masalah yang cukup berat . Terkadang karena tidak cepat sembuh, bagian tubuh yang terkena luka tersebut harus diamputasi untuk mengatasi infeksi.
  10. Gangguan Pada Gusi                                                                                                          Penderita diabetes lebih beresiko mengalami kerusakan gusi. seperti misalnya gusi menjadi merah, mengalami pembengkakan, dan iritasi. Gusi yang membengkan sering menyebabkan penderita diabetes ini tidak nyaman ketika makan, karena terganggu dengan gusi yang membengkak tersebut.
  11. Penglihatan menjadi Kabur                                                                                             Penglihatan menjadi kabur merupakan masalah umum bagi penderita diabetes melitus type 2 . Masalah penglihatan tersebut terjadi akibat kadar glukosa dalam darah bertambah tinggi, sehingga merusak pembuluh darah dan membatasi cairan yang masuk ke mata. Kondisi ini dapat mengubah bentuk lensa mata . Untungnya gejala diabetes melitus ini dapat kembali normal apabila kadar gula darah berkurang hingga kembali normal
  12. Timbulnya masalah kulit                                                                                      Diabetes dapat membuat kulit menjadi bersisik, terasa gatal, kering, dan iritasi .  Namun ciri ciri seperti ini tersebut belum tentu disebabkan karena penyakit diabetes, jadi belum tentu orang yang memiliki masalah kulit seperti itu merupakan penderita diabetes melitus
  13. Kelelahan dan Mudah marah                                                                                      
    Rasa lelah muncul karena kurangnya tidur akibat selalu terbangun di tengah malam akibat membuang air kecil dan minum air . Karena kurang tidur, kondisi fisik akan menjadi mudah lelah dan terkadang membuat seorang penderita diabetes mudah marah atau emosi . 
      
Mengobati Diabetes

Cara Mengobati Diabates Melitus

Diabetes bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan, tetapi diabetes dapat dikendalikan . Pengendalian kadar gula dalam tubuh akan membuat penderita diabetes melitus type 2 akan dapat hidup normal . Sedangkan bagi penderita diabetes melitus type 1 harus mengendalikan kadar gula dalam darah dengan obat dan juga insulin agar dapat bertahan hidup . Berikut merupan cara mengobati Diabetes : 

1> Membuat tubuh banyak bergerak. 
Penderita diabetes harus sering menggerakkan tubuh mereka, cobalah untuk melakukan jogging di pagi atau sore, mencoba berbagai jenis olahraga ringan, dan masih banyak cara lainnya . Dengan seringnya tubuh bergerak maka kadar gula dalam tubuh akan terkendali dan dapat menurunkan resiko obesitas atau kegemukan
2> Mengatur pola makan 
Aturlah pola makan kalian dengan baik, jangan sampai makanan kalian mengandung gula, karena akan memberikan pengaruh yang langsung ke kadar gula dalam darah . Dengan mengatur pola makan dengan baik akan dapat mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga dapat mengobati obesitas.
3> Berusaha memiliki motivasi
Para penderita diabetes harus memiliki motivasi untuk dapat bertahan hidup di dunia ini . Motivasi tersebut bisa berasal dari diri sendiri  maupun orang lain . Motivasi dari orang tua dan diri sendiri merupakan motivasi yang sangat berpengaruh untuk memberi semangat untuk para penderita diabetes.
4> Minum obat sesuai petunjuk dokter 
Meminum obat sesuai petunjuk dokter merupakan cara mengobati diabetes melitus selanjutnya . Biasanya para penderita diabetes akan diberikan beberapa jenis obat oleh dokter dan semua itu harus diminum sesuai dengan resep atau perintah dokter
5> Selalu memeriksa kadar gula darah secara teratur
Kadar gula dalam darah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi para penderita diabetes . Untuk itu diperlukan pengukuran kadar gula darah secara teratur . Pengukuran bisa dilakukan sebelum atau sesudah makan . 
6> Istirahat cukup 
Penderita diabetes sebaiknya jangan terlalu lelah, dan harus istiragat yang cukup . Istirahat yang baik adalah tidur paling sedikit 8 jam sehari . Tidur yang cukup tersebut juga mampu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.
7> Merawat luka dengan baik
Penderita diabetes sangat mudah terkena luka dan lecet . Proses penyembuhan luka tersebut sangatlah lambat, jika tidak kunjung sembuh, maka harus segera medapatkan perawatan dokter agar tidak terjadi infeksi yang menjalar ke bagian tubuh yang lain
8 > Selalu merawat kesehatan gigi dan mulut
Merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan cara mengobati diabetes selanjutnya . Kesehatan gigi tersebut sangat penting untuk penderita diabetes, karena dapat mengurangi infeksi yang disebabkan bakteri yang ada di mulut . 
9> Menjaga berat badan
Penderita diabetes harus selalu menjaga berat badan agar tidak terjadi kelebihan berat badan, kelebihan berat badan tersebut akan menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi . 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
mymastah
AUTHOR
October 18, 2016 at 4:54 AM delete

kalau mudah marah, mungkin darah tinggi juga :3

Reply
avatar